Pengertian Saham

213 views

Pengertian SahamPengertian Saham - Mungkin Anda sering mendengar orang menyebut saham perusahaan A atau saham perusahaan B. Oleh karena itu pengertian saham itu sendiri apakah Anda sudah tahu? Saham merupakan sebuah surat berharga dimana ini merupakan suatu bukti kepemilikan seseorang atau badan terhadap suatu perusahaan.

Saham juga biasa disebut dengan emiten. Dengan demikian bahwa jika ada investor yang membeli saham maka ia juga sebagai pemegang saham dari perusahaan tersebut. Sebuah saham hanya berupa selembar kertas yang menerangkan bahwa pemilik kertas itu adalah pemilik perusahaan yang me­nerbitkan kertas tersebut.

Dengan demikian sama halnya jikaAnda menabung di bank, maka Anda akan mendapatkan slip bukti setoran bahwa Anda menyetor sejumlah uang. Sedangkan untuk ivestasi bentuk saham maka yang kita terima bukannya slip, namun saham kepemilikan perusahaan. Saham sendiri diterbitkan oleh sebuah perusahaan dengan 2 jenis saham yaitu:

A. Saham Biasa

Saham yang merupakan sebuah kepemilikan dari sebuah perusahaan secara nyata. Sehingga resiko maupun keuntungan ditanggung oleh pemilik saham biasa. Pemegang saham biasa memiliki hak suara dalam RUPS (rapat umum pemegang saham) dan juga ikut serta dalam menentukan kebijakan-kebijakan perusahaan. Apabila sebuah perusahaan dilikuidasi, maka pemegang saham biasa dapat membagi sisa aset perusahaan setelah dikurangi bagian pemegang saham preferen. Ada beberapa karakteristik dari saham biasa, diantaranya adalah:

  • Sebagai pemilik saham biasa, maka ia juga memiliki hak suara pemegang saham sehingga dapat memillih dewan komisaris
  • Jika organisasi menerbitkan saham baru, maka pemegang saham biasa memiliki hak untuk didahulukan.
  • Memiliki tanggung jawab terbatas, pada jumlah yang diberikan saja

B. Saham Preferen

Kenapa disebut dengan saham preferen karena pemegang saham preferen memiliki hak istimewa dalam pembayaran dividen dibanding saham biasa. Karakteristik Saham Preferen adalah sebagai berikut:

  • Memiliki berbagai tingkat, dapat diterbitkan dengan karakteristik yang berbeda
  • Tagihan terhadap aktiva dan pendapatan, memiliki prioritas lebih tinggi dari saham biasa dalam hal pembagian dividen
  • dividen kumulatif, bila belum dibayarkan dari periode sebelumnya maka dapat dibayarkan pada periode berjalan dan lebih dahulu dari saham biasa
  • Konvertibilitas, dapat ditukar menjadi saham biasa, bila kesepakatan antara pemegang saham dan organisasi penerbit terbentuk

Banyak manfaat dari investasi berupa saham. Karena saham memberikan keuntungan yang tidak ter-hingga. Tidak terhingga ini bukan berarti keuntungan in­vestasi saham biasa sangat besar dalam rupiahnya. Tetapi, tergantung pada perkembangan perusahaan penerbitnya.

Demikian sekilas mengenai pengertian saham, Anda juga dapat membaca  contoh proposal penelitian dan contoh surat lamaran kerja bahasa Inggris

Tags: #Pengertian Saham