Norma Hukum

358 views

Norma HukumNorma Hukum - Sebagai warga Indonesia yang hidup di negara hukum, Anda harusnya tahu bagaimana batasan-batasan dari norma hukum. Pada dasarnya norma merupakan sebuah aturan-aturan atau pola tindakan yang normatif yang menjadi pedoman hidup bagi orang untuk bersikap tindak di dalam kehidupannya, baik dalam hidupnya sendiri maupun dalam pergaulan hidup bersama.

Sedangkan norma sosial merupakan suatu peraturan yang memuat rincian pedoman untuk rentang kelakuan yang pantas dan dapat diterapkan pada situasi-situasi sosial tertentu. Norma sosial dibedakan menjadi 4 macam norma yaitu norma agama, norma kesusilaan, norma kesopanan, dan norma kebiasaan.

  • Norma Agama adalah norma, atau peraturan hidup yang berasal dari Tuhan (Allah) yang diberlakukan bagi manusia ciptaan-Nya melalui perantara utusan-Nya (para rosul). Pelanggaran terhadap norma agama berupa sanksi di dunia dan akhirat. Norma agama dipatuhi tanpa ada pengawasan oleh para penegak hokum. Misalnya, jangan membunuh atau jangan mencuri. Bagi orang yang melanggarnya, kelak akan memperoleh sanksi pada kehidupan di akhirat. Meskipun sanksi tersebut juga dirasakan pada kehidupannya di dunia berupa keguncangan hidup.
  • Norma Moral/Kesusilaan adalah norma yang hidup dalam masyarakat yang dianggap sebagai peraturan dan dijadikan pedoman dalam bertingkah laku. Norma kesusilaan dipatuhi oleh seseorang agar terbentuk akhlak pribadi yang mulia. Pelanggaran atas norma moral ada sanksinya yang bersumber dari dalam diri pribadi. Jika ia melanggar, ia merasa menyesal dan merasa bersalah.
  • Norma Kesopanan adalah norma yang timbul dari kebiasaan pergaulan sehari-hari untuk suatu daerah tertentu. Norma kesopanan disebut juga norma adat, karena sesuai dengan adat yang berlaku dalam suatu wilayah tertentu.
  • Norma Hukum adalah norma atau peraturan yang timbul dari hukum yang berlaku. Norma hukum perlu ada untuk mengatur kepentingan manusia dalam masyarakat agar memperoleh kehidupan yang tertib. Jika norma ini dilanggar akan ada sanksi yang bersifat memaksa. Norma hukum tertuang dalam peraturan perundang-undangan.

Contoh dari penggunaan norma hukum adalah sebagai berikut:

  • Menghormati pengadilan dan peradilan di Indonesia
  • Taat membayar pajak
  • Tidak melanggar rambu lalu-lintas walaupun tidak ada polantas
  • Menghindari KKN / korupsi kolusi dan nepotisme

Semoga dengan adanya norma hukum, maka tidak memandang miskin atau kaya, punya kedudukan atau tidak semua yang melanggar hukum akan dikenakan hukuman. Anda juga dapat membaca silabus dan RPP berkarakter SMA dan contoh kesimpulan dan saran makalah

Tags: #Norma Hukum