Penyakit Jantung Koroner

152 views

Penyakit Jantung KoronerPenyakit Jantung Koroner - Penyakit jantung koroner merupakan salah satu penyakit yang mematikan dan tidak menular. Namun untuk saat ini jenis penyakit ini memang menjadi momok bagi yang memiliki keturunan sakit jantung. Sehingga mulai dini Anda harus mewaspadai penyakit jantung koroner.

Pada dasarnya penyakit jantung koroner ini terjadi karena adanya penyempitan pembuluh darah kecil yang memasok darah dan oksigen ke jantung disebut dengan penyakit jantung koroner. Biasanypenyakit jantung koroner juga disebut penyakit arteri koroner. Arteri koroner ini merupakan salah satu pembuluh darah di jantung yang berfungsi untuk menyuplai makanan bagi sel-sel jantung.

Selain itu penyakit jantung koroner juga bisa disebabkan oleh kondisi yang disebut aterosklerosis, yang terjadi ketika bahan lemak dan zat-zat lainnya membentuk plak pada dinding arteri. Hal ini menyebabkan arteri yang dialiri darah menjadi sempit. Karena aliran sempit pada arteri koroner, darah ke jantung menjadi lambat bahkan berhenti. Hal ini dapat menyebabkan nyeri dada (angina stabil), sesak napas, serangan jantung, dan gejala lain, terutama ketika sedang beraktifitas.

Jika  darah tidak mengalir sama sekali karena arteri koroner tersumbat, penderita dapat mengalami serangan jantung yang mematikan. Serangan jantung tersebut dapat terjadi kapan saja, bahkan ketika Anda sedang beristirahat. Penyakit jantung koroner juga dapat menyebabkan daya pompa jantung melemah sehingga darah tidak beredar sempurna ke seluruh tubuh (gagal jantung).

Selain itu penderita gagal jantung akan sulit bernafas karena paru-parunya dipenuhi cairan, merasa sangat lelah, dan bengkak-bengkak di kaki dan persendian. Ada beberapa hal yang meningkatkan resiko penyakit jantung koroner:

  • Faktor keturunan. Jadi coba teliti kembali apakah keluarga Anda ada yang sudah terjangkit penyakit ini, jika asudah maka ada peluang besar untuk menurunkan kepada anaknya, dan jika ini terjadi anak tersebut. Maka dari itu cobalah perhatian khusus sejak lahir terutama dalam hal pengobatan jantung koroner yang diidapnya.
  • Pria yang berusia 40-an memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit jantung koroner dibandingkan dengan wanita. Namun uniknya perempuan yang semakin tua (terutama setelah mereka mencapai menopause) beresiko hampir sama dengan seorang pria.
  • Diabetes dan penyakit ginjal kronis merupakan faktor risiko yang kuat untuk penyakit jantung koroner.
  • Tekanan darah tinggi meningkatkan risiko dari penyakit arteri koroner dan gagal jantung.
  • Perokok memiliki risiko lebih tinggi dibanding bukan perokok.

Demikian beberapa pengenalan singkat mengenai penyakit jantung koroner, semoga dapat menambah pengetahuan untuk Anda dan selalu menjaga kesehatan. Anda juga dapat membaca cara menghilangkan bau badan secara alami dan  cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat

Tags: #Penyakit Jantung Koroner

Leave a reply "Penyakit Jantung Koroner"